Obat Penenang Hati

Lagi- lagi aku nulis coretan ini dari sebuah khutbah jum’at. Cukup singkat ceramah yang disampaikan oleh khotib, mungkin kurang lebih hanya 15 menit.

Ada salah seorang sahabat Nabi ( aku lupa nama dari sahabat Nabi tersebut ), dan dia punya bebrapa orang santri. Sauatu hari, seorang santrinya mengeluh kepada sahabat tersebut. “ Akhir- akhir ini saya sering kurang nikmat tidur, fikiran saya tidak karuan, hati saya tidak tenang, dan perilaku saya pun tidak menentu”, kata sang santri. “ Saya minta tolong kepada tuan, nasihati saya supaya permasalahan yang sedang saya hadapi bisa terpecahkan”, lanjut santri. Sahabat pun menjawab, “ Ada tiga hal yang perlu kamu lakukan dan insya Allah akan membuat kamu tenang”.

Bacalah Al-qur’an, dan kalau kamu tidak mampu, dengarkanlah orang yang sedang membaca Al-qur’an dengan setulus hatimu. Mungkin untuk kita tidak terlalu sulit kalau hanya sekedar membaca Al-qur’an, bahkan mungkin kita setiap habis sholat selalu membaca. Tapi yang sulit adalah memahami makna dari setiap ayat yang kita baca, dan menerapakan dalam kehidupan sehari- hari.

Ajaklah dirimu dan hatimu untuk hadir dalam majlis ta’lim, karena disanalah tempat dimana kamu akan selalu diajak menuju kebaikan. Kalau untuk hadir dalam majlis ta’lim, bagi sebagian orang adalah hala yang berat. Apalagi bagi orang yang masih berumur muda, itu akan lebih sulit ( termasuk aku ). Pegel, ngantuk, dan bosen akan menjadi halangan utama yang berdiri kokoh untuk menghadang langkah kaki menuju majlis ta’lim. Nongkrong di mall, cafĂ©, atau hura- hura di dikostik, adalah tempat favorit bagi sebagian anak muda ( kalau yang ini tidak termasuk aku ). Dari pada mereka harus duduk manis, mendengarkan ustad berbicar serta megajak kita untuk menuju jalan yang baik.

Berdzikir dan berdo’alah kepada Allah. Dengan berdzikir, kita akan selalu meningat Allah, akan selalu takut kapadanya. Lantas ketenangan akan hadir menghiasi hati kita, mengalahkan kegundahan dan ketidakjelasan fikiran. Dan do’a adalah obat yang mujarab, dengan meminta kepada Allah dan DIA akan mengabulkannya.

Karena terlalu menumpuknya pekerjaan, masalah- masalah yang ada, dan berbagai hal yang kadang membuat hati kita tidak tenang. Tentunya kita butuh obat, obat yang akan menghilangkan kepenatan dan kegundahan hati. Ketiga nasehat dari sahabat Nabi kepada santrinya, adalah yang perlu kita coba. Seperti dalam lirik lagu yang di senandungkan oleh, “ bila hati tak gelisah, tak tenag, tak tentram. Bila hatimu goyah, terluka, merana. Jauhkah hati ini, dari Tuhan, dari Allah”. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, kita akan selalu merasa tenang. Dan saat kita jauh dari-NYA, kegundahan dan kegelaisahan akan dengan mudah bersemayam dalam hati.

27 Response to Obat Penenang Hati

stey
January 25, 2008 at 8:06 AM

Dengan mendekatkan diri kepada Allah, kita akan selalu merasa tenang. Dan saat kita jauh dari-NYA, kegundahan dan kegelaisahan akan dengan mudah bersemayam dalam hati.--> quote yang i've been there..done that..

January 26, 2008 at 11:21 AM

Dunia itu fana, itu adalah fakta, bukan kiasan. Cobalah raba mouse, mungkin kita bilang kalo itu mouse, padahal bukan, nama 'mouse' cuman kesepakatan orang-orang pabrik.

Cobalah lihat ruang tidur. Kita bakal bilang kalo itu ruang tidur, padahal bukan, 'ruang tidur' itu pikiran kita aja, kalo aja kita didoktrin kalo itu tuh 'ruang makan', mungkin kita akan percaya.

Dunia itu fana. Itu fakta, bukan kiasan. Siapapun yang menaruh dunia ditangannya dan akhirat di hatinya, niscaya ia akan selamat di keduanya.

Janganlah robek baju akhirat untuk menambal baju dunia. Karena keduanya akan sama2 cacat...
(Komennya kepanjangan ya ?)

vinzhe
January 29, 2008 at 1:19 PM

iya, mendekatkan diri pada allah bikin tentram

July 14, 2008 at 12:12 PM

Prakteknya sulid kang...sulidd....

September 16, 2008 at 1:09 PM

terima kasih sharing info/ilmunya...
selamat Berpuasa... semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin...

saya membuat tulisan tentang "Berdzikir Membuat Hati Tetram, Benarkah?"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/berdzikir-membuat-hati-tentram-benarkah.html

(link di atas adalah tulisan ke-1 dr 5 buah link berdzikir membuat hati tentram)

semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin...

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

Anonymous
October 31, 2008 at 1:12 AM

makasih yaa.. tulisan ini seakan akan memberikan secercah cahaya di pikiran saya untuk terus berjuang menghadapi masalah yang saya sedang hadapi dengan memahami petunjuk dr Al-Quran... Petunjuk sang illahi...

alhamdulillah

aceng
April 3, 2009 at 10:15 PM

semuA terasa mudah tapi ternyata tidak muda...
maka hanya tinggal da doa saja yang bisa kita lakukan
selanjutnya hanya tawakal...

Anonymous
June 12, 2009 at 3:44 PM

irent...
wuaaaah.. aku suka banget sama kata-katamu yg dibawah fotomu...
thanks banget yah...
salam kenal,

June 12, 2009 at 11:57 PM

@ All : Thanks untuk semua, coretan ini hanya untuk mengingatkan saya sendiri untuk selalu bisa lebih dekat ma Allah. Kalaupun coretan ibi bisa bermanfaat untuk semua, alhamdulillah. Semoga kita bisa istiqomah.
Jazakallah....

June 20, 2009 at 9:17 AM

saya terkejut sekaligus bangga saat tahu kalau Anda lahir di Pemalang.Memang sulit menghadapi hidup jika kita tidak tahu rumusnya. Terimakasih Anda telah mengingatkan bahwa dengan mengingat Allah lah hati akan menjadi tenang.

June 20, 2009 at 4:56 PM

@Zidayatullah : Yes, saya asli produk Pemalang ^_^, Antum??? Terimakasih telah berkunjung, coretan kusam hanya untuk share ilmu, dan maaf kalo ada salah-salah kata, dan mohon diluruskan.

Anonymous
October 23, 2009 at 10:43 AM

InsyaAllah.. Allah itu Maha Agung, hanya dia yang mampu memberi ubat ketenangan paling mujarab kerana hanya Dia yang mengetahui rencana terbaik buat makhluk ciptaanNya

October 25, 2009 at 9:43 AM

Dalam hidup aku akui banyak salah namun aneh nya ketika aku coba beru saha di jalan yang baik kenapa yah orang di sekelilingku menuduh aku yang salah padahal aku merasa lagi mencoba belajar baik? minta saran dong?

zhera
December 22, 2009 at 9:44 PM

ehm...saat qw mncba tuk mnolong dg stlus hati, knpa mlah qw yg d slahkan..??

girl_gems
December 23, 2009 at 1:35 PM

Pakdheno bisa saya pinjam kata2 yang di bawah photo itu sebagai penenang hati & jiwa..

January 3, 2010 at 4:09 PM

@ Anonymous : Bener banget ^_^

@ den mara : Yang tahu kita di jalan yang baik apa gak kan diri kita ma Tuhan, jadi ngapain dipikirin. Tetep aja dengan perubahan menuju perbaikan dan kebaikan, Tuhan yang menilai, bukan manusia. Dan insyaAllah lama2 juga manusia akan meliahat perubahan itu..... ^_^

@ Zhera : Yang penting kamu udah ikhlas ^_^

@ girl_gems : monggo silahkan, itu juga bukan coretanku kok ^_^, makanya aku kasih sumber di bawahnya....

tahezza
May 4, 2010 at 11:05 PM

wuih...
bagus bgd nich coretan nya....
teruskan kawand"....
smoga jalan anda" semua..diridhoi oleh allah swt.
(amien)
jngn segan" mengamaLkan ilmu yg qta punya...
karna diakhirat nanti akan dipertanyakan tentang ilmu yg qta punya dan harus diamalkan....
tidak boleh tidak...

nur
May 21, 2010 at 11:03 PM

Saat inipun memang itu yg q rasakan, gelisah pikiran melalang. kerja kerja dan jarang tidur? semakin hari seolah q dipush bgt. kerjaan numpuk, ujian semester mkn dket. Masalh silih berganti, apa yg ku cari? Duitkah??? kurasa benar namun crku slah, mengorbankan kewajban. Q mulai berfikir bagaimn memutuskan mslh, solusi apa yg tepat. Aq butuh jawaban..

May 27, 2010 at 8:56 AM

@ tahezza : Tengkyu kawan, terus belajar dan mengajarkan.....

@ nur : kalo saran dari temen saya, yang sekarang terus berusaha saya praktekkan adalah "jangan pernah menduakan Tuhan"

Anonymous
June 21, 2010 at 6:28 PM

Ijin Copy kata" nya yah???

November 4, 2010 at 5:08 PM

terimah kasih y,,,,,,,,,,,perantara tulisan anda ini,,,,,buat saya jadi ingat semuanya,,,,,,,,,,,,,

December 14, 2011 at 8:07 PM

Ini yang saya cari saudaraku.
karena sekarang fikiranku benar-benar sedang kalut.

March 24, 2012 at 10:16 AM

akan ku cobaa semua hal ini..
sungguh saat ini diri ku tak karuan ,
diriku merasa jauh dari ALLAH ..
doakan daku yah..:)

October 18, 2012 at 2:16 PM

saat duduk di majlis ta'lim emang membuat hati sejuk. subhannallah.

yangMerindukanMu
October 19, 2012 at 5:40 PM

Allah ada di sini,disamping kita. jangan raguu!! bersama-Nyalah kita akan tenang. amin

Anonymous
December 23, 2012 at 5:10 AM

izin copasss

eggi
September 4, 2013 at 12:03 AM

thanks buat penerangan nya .
namun dimana mencari bekal dunia .
Selama gengsi pintunya terkunci .

Post a Comment