Sekedar obrolan

Dalam sebuah mata kuliah yang kebetulan berbicara tentang fiqih munakahat (intinya tentang pernikahan), dosen menanyakan kepada beberapa mahasiswa tentang pilihan jodohnya kelak. Kebanyakan menjawab “ yang cantik Pak “, jawab kebanyakan mahasiswa. “ yang cakep Pak ”, jawab kebanyakan mahasiswi. Terus aku berkata sangat lirih, “ malang bener manusia yang diciptain menjadi jelek, kalau semua orang milih pasangan hidup yang cantik dan cakep “. Ternyata perkataanku didengar oleh temen sebelahku, diapun berkomentar atas ucapanku tadi. “ Jangan gitu, Allah lebih tahu tentang apa yang terbaik buat hambanya “, temenku berkata lirih. “ Orang yang diciptakan Allah kurang menarik dalam fisik, akan lebih mudah mencari pahala. Dengan bersyukur, orang itu akan mendapatkan kasih sayang Allah. Karena kebanyakan orang yang fisiknya kurang menarik hanya bisa mengeluh, dan itu bukan solusi yang tepat ”, lanjutnya. Aku hanya bisa terdiam mendengar temenku berbicara panjang lebar, meski dengan nada yang sangat pelan karena takut didengar oleh dosen. Terus temenku melanjutkan obrolannya (inti dari ucapannya seperti ini, maaf kalau ada kesalahan) “ Dulu pada jaman Nabi Muahammad SAW, ada seorang laki- laki. Dia memilih seorang perempuan yang (maaf) jelek, tapi perempuan itu sangat cantik dalam agama, budi pekerti, akhlak. Tapi tidak dapat restu dari orang tua laki- laki itu, karena sang orang tua melihat fisik dari perempuan yang dicintai anaknya. Lalu tidak lama kemudian laki- laki itu ikut perang bersama Nabi, dan dia wafat dalam medan pertempuran. Nabi berkata kepada sahabat yang lain : “ Dia masuk syurga, dan sekarang dia sedang di perebutkan para bidadari syurga untuk menikah dengan mereka ”, Subhanallah…..!!! “.

Aku hanya bisa menyimpulkan, dari kata- kata temenku itu. Betapa sebentarnya manusia didunia ini, bahkan mungkin sangat sebentar. Betapa cantik atau cakepnya manusia, saat malaikat maut menjemput semua akan sirna. Fisik manusia akan menjelma menjadi tulang belulang dan membusuk, berteman cacing tanah dan kegelapan alam kubur. Yang akan mempercantik dan mempercakep manusia adalah hati, amal ibadah, serta kepatuhan manusia terhadap Allah SWT. Karena yang aku tau, “ gak ada manusia jelek di Syurga “.

Yah, ini hanya sekedar obrolan yang tidak di rencanakan. Obrolan yang insya Allah akan membuat aku jadi lebih mengerti, tantang apapun yang sebelumnya tidak aku mengerti. Dan setelah kuliah selesai, aku berucap dalam hati “ tapi kalau ada cewek yang cantik, agamanya baik, hatinya cantik, yang mau sama aku, kenapa harus aku tolak…..!!!he…2”.

2 Response to Sekedar obrolan

January 9, 2008 at 11:55 PM

tulisannya dalem coy... tapi kalau seneng2 di dunia juga boleh kan?? dapatkan akheratmu tapi jangan tinggalkan duniamu. begitu kira kira dhe.. tapi kayaknya komenku gak nyambung deh.. hmm.. walau gitu secara cowo kayaknya masih ada peluang deh.. gimana caranya n usahanya ajah ya to ya to, lanjoet...

January 12, 2008 at 1:35 PM

wah ternyata tulisan Pakde begitu kerennya...kagum tenan aku,
aku bru pemula yg bru belajar menulis...

ya sapa yg ga mau ada cewek cantik fisik, agama ama hatinya, aku juga mau...tetapi org yg jelek kebanyakan keturunannya cantik + cakep...

Post a Comment