Fenomena TBO, Part 2

Setelah dulu terjadi fenomena TBO, ternyata tidak cukup sampai disitu. TBO kembali membuat aku pusing, dan kelimpungan. Gimana enggak? Setelah bikin janji sama Mbak Yuli serta Mbak Yeyen untuk belajar TBO, aku lumayan tenang, karena ada Mbak- mbak asisten di belakangku. Hari rabu sore, ba’da ashar, di hall kampus. Tapi rencana tinggal rencana, hari rabu siang aku sms mereka.

Aku : Assalamu’laikum! Mbak, jadi kan belajarnya?

Mbak Yeyen : Wa’alaikumsalam! Maaf dek, aku gak bisa. Kemaren aku baru dapet kecelakaan kecil. Gak parah sih, tapi badanku pada pegel. Kamu sms mbak Yuli aja!

Tanda- tanda kurang baik sudah melintas, membuat otakku berfikir keras. Akhirnya aku suruh temenku, Alan, buat sms Mbak Yuli.

Alan : Mbak, jadi kan belajar TBO nya?

Mbak Yuli : Wah, aku gak bisa. Aku mau pergi, kamu minta Mbak Yeyen aja!

Alan : Lha Mbak Yeyen juga gak bisa je, katanya baru dapet kecelakaan kecil. Trus gimana?

Mbak Yuli : Lha kirain gak jadi, makanya aku bikin janji ma temenku hari ini.

Alan : Gimana kalo ba’da maghrib, di hall ?

Mbak Yuli : Jam segitu aku udah pulang je. Masak aku harus ke Janturan lagi, wong aku perginya ke jalan Paris.

Alan : Ya udah, kita ke rumah Mbak Yuli ja. Kasih alamatnya, tar kita kesana.

Lama nunggu balesan sms Mbak Yuli, celakanya dia gak bales. Pasrah, itu yang ada dalam benakku. Tapi alan masih punya semangat, dia berulang kali nelfon Mbak Yuli. Parahnya, gak di angkat, dan kadang di reject. Akhirnya kita berdua lemes, tak berdaya. Kidung yang keluar dari speaker mulai mencaci, “ siapa suruh kalian gak rajin masuk kuliah TBO “. Pengen aku lempar tu speaker, tapi sayang, tar aku gak bisa lagi dengerin kidung- kidung kesukaanku. Akhirnya aku biarkan mereka mencaci, dan aku hanya terlentang pasrah teraniaya. Dalam keteraniyaan, tiba- tiba di atas kepalaku ada lampu nyala. “ sms Pyta, lumayan buat ngedongin “.

Aku : Assalamu’alakum! Ta, bisa belajar TBO gak ? kalo bisa kapan ?

Pyta : Wa’alaikumsalam! Wah, tar malem aku mo ketempat Wiwi. Mo belajar disana, kalo mo ikut datang aja.

Harapan kembali melambung jauh, aku gak kenal banget ma Wiwi, gimana tar belajarnya. Alan akhirnya pamit, mungkin dia juga udah pasrah sepasrah- pasrahnya.

Alan : Dhe, aku tak ning kontrakan Coklat (Community Of Klaten). Mengko tak cobo telfon Mbak Yuli, nek dadi aku ampiri kowe.

Aku : Sips, selamat berjuang!

Alan-pun berlalu, Supra Fit-nya melesat cepat meninggalkan pandanganku. Dan aku hanya duduk, mendengarkan cacian mesra dari kidung- kidung indah. Setelah aku sudah benar- benar gak tahan, aku pergi mengungsi ke kamar temen kos. Baru duduk sebentar, sambil nonton acara TV yang mempertemukan jomblo cewek sama jomblo cewek. Acara yang gak mutu, tapi aku kan cuma numpang nonton, lagi- lagi pasrah. Alan tiba- tiba datang, ada kabar gembira. “ Kita jadi ketempat Mbak Yuli, cepat….!!! “, kata Alan sok galak. Akhirnya aku, Alan, dan Irsyad pergi mencari ilmu. Di tengah perjalanan, aku and friends mampir ke rumah temen, Onggo. Dia tadi sempet sms aku mo ikutan belajar, jadi aku sempetin ke rumahnya. Berempat, lengkap. Kita pergi ke selatan, Bantul adalah tujuan kita. Ternyata bukan hanya jauh, tapi jauh banget. Pertama berhenti pas di taman makam Pahlawan Bantul, disana kita nanya Ibu- ibu penjual nasi angkringan. Lengkapnya, kita nanya cuma dua kali. Tapi jalan yang di lewati sangat menantang, rasanya kayak mau camping. Sawah, lapangan, kandang sapi, kuburan, lengkap menghiasi perjalan mencari kitab TBO. Sampai di depan Masjid, aku and the gank memutuskan untuk istirahat plus sholat maghrib. Setelah melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim, aku memutuskan untuk sms Mbak Yuli.

Aku : Mbak, aku di Masjid. Kalau bisa Mbak kesini!

Mbak Yuli : Aku udah tahu, kalian kebablasan. Kalian balik lagi, pas pertigaan itu rumahku.

Akhirnya kita mutar arah, balik ke pertigaan. Kata Alan, rumahnya ada rolling door. Dan yang aneh, Alan sempet nanya “ rolling door tu apa? “. “ rolling door tu makanan khas Jogja, sejenis ma Limpung “, jawabku ngeledek. “ Asemmik “, Alan dongkol. Pas parkir motor, tiba- tiba ada yang buka pintu. Seorang cewek yang tidak kurus, mengeluarkan kepalanya. Tanpa basa- basi, Alan bertanya.

Alan : Mbak, ni benar rumahnya Mbak Yuli ?

Mbak tidak kurus : di sini gak ada yang namanya Yuli.

Wah, salah rumah. Pas kita hampir pergi, mbak tidak kurus itu ngomong lagi.

Mbak tidak kurus : Ada, ada, tu ada di dalem.

Aku : Makasih Mbak, lucu banget becandanya.

Gile cing, udah capek- capek perjalan dari Kota ke sini, smept- sempetnya di kerjain. Tega nian tu Mbak tidak kurus, kalo nyekek orang gak dosa, udah aku sentil tu orang. Semua capek serasa hilang, ketika lima gelas yang berisi minuman warna ijo datang. Dan tak lama, keluar lagi temennya, dua toples jajanan.

Kita pun berjuang mati- matiin memperhatikan penjelasan- penjelasan dari Mbak Yuli, di selingi mulut yang gak berhenti nyemil. Di sela- sela belajar, aku sempeti nanya perihal kecelakaan Mbak Yeyen.

Aku : Mbak Yeyen kecelakaan apa tho ?

Mbak Yuli : Kemaren pas jalan- jalan, kita kan gak ikut. Dia ma Kitri naek becak, dan becaknya nabrak Andong.

Gubraakk..! Naek becak nabrak andong? Seru tuh. Aku tertawa sepuasnya, kejadian paling aneh kedua. Setelah temenku yang pernah gak masuk kerja, gara- gara pas mo berangkat kerja di tabrak sama sepeda ontel. Dalam hati aku berkata, “ maafkan aku Mbak Yeyen, dalam penderitaanmu, aku tertawa ”. Habis mo gimana lagi, kejadian aneh, langka, plus lucu banget. Untung gak sampai di bawa ke rumah sakit, pasti akan lebih seru. Aku langsung bayangin percakapan antara dokter dengan Mbak Yeyen :

Dokter : Mbak baru kecelakan ? di mana ? di tabrak motor ?

Mbak Yeyen : Iya nih Dok, kecelakaannya di Maliboro. Bukan di tabrak ma motor, tapi aku naek becak, dan becaknya nabrak andong.

Dokter : Hah…!!!(mulutnya menganga)

Dan seluruh rumah sakit tertawa, sampai puass.

Jam sembilan malam pas, aku dan temen- temen pamit pulang. Puas rasanya belajar malam ini, selain Mbak Yuli, ada Mas Hendro yang sudi membantu kita. Onggo langsung melesat cepat, mungkin dia pengen cepet- cepet sampai rumah. Tidur, mungkin itu yang akan dia kerjakan, atau makan. Aku, Alan, ma Irsyad memilih untuk santai, maenikmati perjalanan malam. Sampai di Terminal giwangan, kita berhenti sebentar, mengisi perut yang belum terisi. Setelah kenyang, perjalanan di lanjutkan. Irsyad pulang ke kontrakan, Aku plus Alan menuju kosku. Berakhir sudah perjalan mencari ilmu malam ini, semoga berakhir dengan indah.

No Response to "Fenomena TBO, Part 2"

Post a Comment